Selasa, 23 Februari 2010

Yang menarik dari bayi iguana hijau





Iguana hijau adalah salah satu jenis reptil yang umumnya ditemukan di seluruh Amerika Selatan dan Tengah. Bayi iguana hijau juga terlihat di Meksiko, Paraguay, Brasil, dan Kepulauan Karibia. Tidak ada kejelasan tentang bukti bahwa iguana hijau termasuk diantara hewan-hewan langka, tapi kadang-kadang disalah artikan sebagai salah satu hewan langka, agar para pemburu tertarik untuk menangkapnya. Pemburu sangat suka menangkap iguana betina besar. Iguana hijau juga merupakan makanan favorit yang lezat dibeberapa tempat dan dikenal dengan nama “Bamboo Chicken”.


Penampilan Fisik Iguana Hijau

Iguana hijau dewasa biasanya mempunyai panjang antara empat sampai enam kaki, tetapi ada beberapa yang sampai tujuh meter. Ekor mengambil hampir semua panjang tubuh karena hampir setengah dari seluruh panjang tubuhnya. Meskipun mereka kebanyakan berwarna hijau, ada juga yang mempunyai garis hitam ditubuhnya. Tempat teduh juga akan merubah warna mereka dari hijau sangat terang ke abu-abu dan hijau pudar. Kulit iguana hijau ini kebanyakan kasar karena sisik runcing disepanjang punggungnya. Iguana hijau dilengkapi dengan cakar dan jari-jari yang panjang sehingga mereka dapat dengan mudah mencengkeram dan mendaki.


Habitat Iguana Hijau

Baby iguana hijau biasanya dibesarkan di daerah hutan hujan tropis khususnya di daerah-daerah dengan ketinggian lebih rendah dan dapat diakses sumber air seperti dari air pancuran dan sungai. Sebagian besar dari tahun-tahun pertumbuhan mereka selalu berada diatas hutan sekitar empat puluh sampai lima puluh meter di atas permukaan tanah.


Adaptasi yang Mengagumkan dari Baby iguana hijau

Selain dari cakar dan jari panjang yang dimiliki oleh bayi iguana hijau, mereka juga memiliki banyak keahlian dan adaptasi mengagumkan dengan mereka. Bayi iguana hijau tajam dalam hal indera pendengaran, penglihatan, dan penciuman. Salah satu mekanisme pertahanan mereka adalah ekor mereka yang melakukan tipuan dengan diangkat tinggi ke udara ketika bahaya dirasakan. jika predator berhasil meraih ekornya sampai putus, akan tumbuh lagi tanpa ada kerusakan sama sekali. Kulit bayi iguana hijau sangat keras, ia mampu menghindari goresan, luka, dan juga kedap air. Pigmentasi pada kulit bayi iguana hijau membantu dalam panyamaran terutama bila ada predator mendekat. Tetapi kemudian ketika mereka mendeteksi pemangsa mereka, bayi iguana hijau mampu dengan cepat melompat dari pohon dan kemudian terjun langsung ke dalam air. Anda tentu berfikir mereka adalah perenang yang sangat baik.

Terlepas dari adaptasi yang sangat baik ini, bayi iguana hijau juga kuat. Bayangkan bahwa mereka jatuh ke tanah dari ketinggian sekitar 40 sampai 50 kaki namun mereka masih bisa tanpa terluka. Iguana hijau laki-laki memiliki apa yang dikenal sebagai gelambir pada kulit mereka. Ini adalah tutup khusus kulit mereka yang mereka gunakan untuk mengesankan iguana hijau betina atau untuk mengintimidasi predator jika mereka mendekat. Dengan gelambir ini, mereka berhasil membuat dirinya menjadi tampak lebih besar. Karakteristik lain yang sangat baik dari iguana hijau adalah bahwa mereka mampu menyimpan lemak di bawah leher dan rahang mereka sendiri persediaan makanan terutama bila sedang tidak ada banyak makanan di tangan.