Rabu, 10 Februari 2010

Bagaimana memilih Iguana yang sehat





Jadi, Anda telah memutuskan untuk mendapatkan binatang peliharaan.



Anda belum punya pilihan jenis binatang apa.

Pada saat anda pergi ke toko hewan setempat dan melihat beberapa jenis anjing, kucing, burung, dan ikan, tiba-tiba anda menyadari bahwa anda menginginkan sesuatu yang luar biasa; seekor binatang peliharaan yang lain dari yang lain.
Anda melihat ke sekeliling, dan tidak menemukan hewan peliharaan yang sempurna, ketika tiba-tiba anda tertarik pada sebuah tangki berisi dua kadal sangat hijau dengan gelambir tergantung di dagu mereka. Sebagian lagi sangat muda, sementara yang lain tampak agak tua. Anda jadi bersemangat dan ingin tahu binatang apa itu.
Anda bertanya kepada petugas atau pemilik toko hewan peliharaan tentang mereka.
Dia menceritakan mengenai hewan itu dan juga memberikan informasi menarik lainnya, seperti reptil yang berasal dari Peru, Suriname, Honduras, Columbia, atau Meksiko. Ada lebih dari 700 spesies hewan-hewan ini, dan salah satunya ada yang disebut "Bamboo Chicken" di beberapa tempat.
Anda tertarik mendengarnya dan anggukkan kepala tanda setuju sambil mengatakan kepada diri sendiri bahwa anda harus mendapatkan binatang ini untuk binatang peliharaan. Pada akhirnya, Anda mengatakan kepada diri sendiri. Anda telah menemukan hewan peliharaan impian Anda - Seekor Iguana.
Namun, anda ingin memastikan bahwa binatang itu sehat. Tentunya anda tidak mau menghabiskan uang hanya untuk binatang yang akan mati dengan cepat. Jadi, apa yang akan anda lakukan ?

Jawabannya mudah :  Melakukan tes sentuhan.

Waktu memilih Iguana, pemilik toko harus memperbolehkan anda untuk memegang iguana yang dipilih dalam dua tangan anda. Anda dapat menggunakan jari salah satu tangan untuk memeriksa bagian-bagian tubuh dari binatang
yang berbeda ini.


Hal apa yang perlu diwaspadai ?

Dari segi penampilan umum, pertimbangkan hal berikut :
  • Kulit harus tampak tegas, jelas, bersih, dan bebas dari gigitan dan goresan ( Gigitan dan goresan mungkin terinfeksi. )
  • Perut harus bebas dari luka bakar ( Luka bakar mungkin akhirnya  sembuh, tetapi kulit akan selalu menjadi sangat sensitif terhadap panas. )
  • Dibawah perut tidak boleh ada bekas kotoran ( Perut kotor    menunjukkan bahwa hewan hidup dalam lingkungan yang tidak    higienis yang dapat membuatnya sakit dan lemah. )
  • Lubang kotoran harus bebas dari kotoran kering dan air seni. ( Ini menunjukkan bahwa kadal mungkin mempunyai parasit dan protozoa dalam perut. )
  • Iguana menolak keras ketika bagian-bagian tubuhnya digerakkan ( Kelemahan dan ketidakstabilan mungkin merupakan tanda bahwa kadal terluka atau menderita kekurangan kalsium. )
  • Anggota badan, ekor, dan seluruh tubuh tidak memiliki benjolan atau bengkak ( Kista, infeksi, dan patah tulang pada hewan memerlukan pengobatan. )
  • Kaki belakang dan paha harus berbentuk normal ( Kaki yang bengkak mungkin menunjukkan patah; bila dua kaki atau paha, menunjukkan kekurangan pasokan kalsium. )
  • Anggota tubuh harus kokoh dan gemuk, sementara tubuhnya juga halus dan bersemangat. ( Jika tangan dan kaki sangat kurus, mungkin kadal kelaparan atau dehidrasi. Jika tubuh terlihat keriput dan membosankan, mungkin ada infeksi bakteri atau parasit. )

Untuk kepala, mata, telinga, hidung, dan mulut, anda dapat mencatat sebagai berikut :
  • Mata harus jernih ( Jika matanya kabur, berkerak, atau berair, mungkin ada infeksi pada sistem pernafasan atau radang mata. )
  • Hidung tidak memiliki lendir kering atau basah ( Lendir kering atau berbuih merupakan indikasi infeksi pada sistem pernapasan. )
  • Di bagian dalam mulut terlihat sehat ( Infeksi akan menyebabkan busuk di bagian dalam mulut. )
  • Rahang tidak boleh bengkak ( Jika ya, maka, binatang mungkin memiliki penyakit metabolik. )
  • Tidak ada pembengkakan atau benjolan di wajah, gelambir, atau lehernya ( Pembesaran mungkin menunjukkan abses. )

Dalam hal perilaku, amati juga hal berikut :
  • Bayi yang sehat akan mencoba untuk melarikan diri.
  • Gerakan responsif iguana di tangan anda mungkin sangat sakit.

 
Ini hanyalah beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat memilih Iguana.

Sekarang anda tahu cara melihat
dan memilih iguana yang sehat, sehingga saat anda meninggalkan toko bisa dengan senyum di wajah. ini merupakan pekerjaan yang tidak mudah saat membeli iguana yang baru, tapi pasti layak dicoba.