Jumat, 05 Februari 2010

Fakta menarik tentang iguana





Berikut adalah beberapa hal yang mungkin ingin anda ketahui tentang iguana:


Mereka lebih cocok makan tanaman.

Beberapa sumber tentang iguana mengatakan bahwa iguana adalah omnivora. Bila ada yang mengatakan bahwa iguana akan mendapat manfaat dari segala jenis makanan, baik itu dari tanaman maupun produk hewani adalah merupakan kesalahan. Hal ini karena metabolisme dari iguana lebih cocok untuk menyerap protein dari tanaman. Protein yang ditemukan dalam produk hewani terlalu rumit untuk dimanfaatkan oleh iguana. Ini berarti bahwa tidak semua protein dapat diserap oleh tubuh mereka sebagai nutrisi.
Jadi apa yang terjadi dengan protein yang tidak diserap ?  Nah, biasanya protein ini disimpan sebagai asam urat. Asam urat ini dapat memiliki efek yang sangat berbahaya pada iguana Anda. Membuang protein hewani yang sudah terlanjur masuk ini menyebabkan ginjal Iguana bekerja sangat keras. Ini berarti bahwa produk-produk protein hewani dapat menyebabkan masalah bagi ginjal iguana. Dan itu artinya umur Iguana jadi lebih pendek.


Iguana dapat dilatih.

Banyak orang berpikir tentang iguana bahwa iguana adalah hewan bodoh. Namun orang-orang yang memiliki iguana benar-benar dapat membuktikan sebaliknya. Seekor iguana peliharaan dapat dilatih untuk melakukan banyak hal yang berbeda. Beberapa orang telah melatih agar iguana mereka ketoilet. Orang lain telah melatih iguana mereka untuk melakukan berbagai jenis trik. Beberapa iguana bahkan dapat menemukan jalan pulang !
Prestasi ini merupakan bukti bahwa iguana tidaklah bodoh. Kadang-kadang, orang hanya cenderung menilai makhluk lain lebih rendah daripada mereka.


Mereka dapat tumbuh hingga enam meter panjangnya.

Kebanyakan orang berpikir tentang iguana bahwa Iguana akan selalu cukup dengan kandang mereka yang ada sekarang. Namun pada kenyataannya seekor iguana dapat tumbuh hingga  mencapai panjang sampai enam meter !  Ini berarti bahwa Anda harus mempersiapkan sebuah habitat yang dapat mengakomodasi pertumbuhan seekor iguana. Beberapa orang mungkin tidak dapat segera menyediakan kandang sebesar enam meter untuk Iguana. Namun, Anda harus menyadari bahwa seekor iguana akan mempunyai ukuran tubuh yang terus bertambah panjang, sehingga anda harus merencanakan ukuran kandangnya.


Iguana adalah pemanjat.

Iguana liar menghabiskan sebagian besar waktu mereka di pohon. Apa implikasi dari ini ? Yah, seorang pemilik iguana harus mensimulasikan seekor iguana dengan habitatnya. Maksudnya anda perlu meletakkan beberapa materi yang bisa dipanjat oleh iguana didalam kandang mereka. Tentu saja, anda tidak perlu meletakkan pohon nyata di dalam kandang. Namun, anda perlu mempertimbangkan untuk menempatkan sesuatu yang dapat dipakai mendaki oleh iguana anda.


Iguana butuh sinar matahari.

Beberapa orang berpikir tentang iguana bahwa cahaya buatan adalah pengganti yang baik untuk cahaya matahari dalam kandang iguana. Namun, apa yang perlu Anda ketahui adalah bahwa iguana butuh sinar matahari tidak hanya untuk penerangan. Seekor iguana menggunakan cahaya UVA dan UVB dalam menyerap nutrisi. Hal ini karena cahaya UVB memicu reaksi kimia dalam kulit iguana yang membantu membuat vitamin D3. Vitamin ini digunakan untuk memproses kalsium dalam aliran darah.
Ini hanya beberapa kebiasaan kecil yang anda mungkin ingin tahu tentang iguana. Seperti yang anda lihat, merawat seekor iguana bukanlah tugas yang mudah. Dalam rangka mengambil perawatan yang tepat dari sebuah iguana, orang harus belajar sebanyak mungkin tentang mereka. Dengan mengambil detail kecil ini menjadi bahan pertimbangan saat merawat seekor iguana dan akan menjamin kesehatan iguana anda.